@Ratuanggun

@Ratuanggun

Rabu, 02 Oktober 2013

Resensi Buku

Nama              :  Ratu Anggun Pertiwi
NPM               :  25211908
Kelas              :  3EB22



Judul                           :  5cm
Penulis                       :  Donny Dhirgantoro
Penerbit                    :  PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Tahun Terbit            :  2005
Tebal                          :  382  halaman
Kategori                     :  Fiksi (Pencerahan)
Nomor ISBN             :  9789790251762


Buku 5 CM ini bercerita tentang keseharian lima sahabat, dari sifat-sifat mereka yang berbeda satu dengan yang lain sampai dengan perilaku dan aktifitas mereka yang penuh canda tawa, diselingi cerita tentang permasalahan antar-sahabat, dan petualangan mereka dalam mendaki gunung Mahameru.
Donny Dhirgantoro merangkai cerita ini dengan sangat menarik, dengan bahasa yang sederhana, namun mampu memotivasi anak muda untuk terus berusaha menggapai mimpinya, seperti usaha ian yang akhirnya berhasil menyelesaikan skripsinya meskipun banyak rintangan selama proses pengerjaannya.
Namun dengan segala keindahan cerita didalamnya, ending dari cerita ini jadi kurang kegeregetannya ketika penulis menceritakan tokoh dalam cerita ini menjadi keluarga. Tetapi cerita ini tetap menarik dan mempunyai pesan moral yang bagus.
 Buku ini memberikan gambaran hidup bahwa setiap orang dalam hidup memiliki banyak sekali pilihan untuk dijadikan langkah hidupnya, seperti kalimat yang diutarakan kelima sahabat ini ketika mendaki Gunung tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru. Kalimat ”…Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kamu. Dan…sehabis itu yang kamu perlu cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas. Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya serta mulut yang akan selalu berdoa…percaya pada 5 centimeter di depan kening kamu”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar