@Ratuanggun

@Ratuanggun

Sabtu, 15 Oktober 2011

CATERIS PARIBUS


Dalam Bahasa Latin, cateris paribus yaitu  untuk "memegang hal-hal lain konstan atau tetap sama"
 Dan terjemahan dalam bahasa inggris yaitu sebagai "all other things being equal” yang artinya “semua hal lain dianggap sama".
Dalam ilmu ekonomi dan keuangan, istilah ini digunakan sebagai singkatan untuk menunjukkan efek dari satu variabel ekonomi yang lain, memegang konstan semua variabel lain yang dapat mempengaruhi variabel kedua.

INVESTOPEDIA MENJELASKAN CETERIS PARIBUS
Misalnya, ketika membahas hukum penawaran dan permintaan, orang bisa mengatakan bahwa jika permintaan melebihi pasokan produk tertentu, ceteris paribus, harga akan naik. Di sini, penggunaan "ceteris paribus" hanya mengatakan bahwa selama semua faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil (seperti adanya produk pengganti) tetap konstan, harga akan meningkat dalam situasi ini. Kontras dengan "mutatis mutandis".
Ceteris paribus di sini berarti bahwa asumsi yang diambil ialah mengabaikan berbagai faktor yang diketahui dan yang tidak diketahui yang dapat memengaruhi hubungan antara harga dan kuantitas permintaan. Faktor-faktor tersebut misalnya termasuk: harga barang, tingkat penghindaran risiko para pembeli , atau adanya tingkat permintaan keseluruhan terhadap suatu barang tanpa memperhatikan tingkat harganya.

REFERENSI
http://www.investopedia.com/terms/c/ceterisparibus.asp#axzz1arBgtcSN

http://id.wikipedia.org/wiki/Ceteris_paribus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar